20 April 2010

Tidak Ada Buku Nikah

Kemaren malam kakak saya telepon, katanya dia mau buat akta lahir, karena semua saudaraku, enam bersaudara tidak ada yang dibuatin akta lahir, jadi sekarang sudah besar-besar semua dan membutuhkan akta lahir untuk melamar pekerjaan, daftar kuliah, ada yang mau nikah juga jadi bingung dech, dan untuk membuat akta lahir itu membutuhkan data-data seperti BUKU NIKAH orang tua, KK/C1, KTP orang tua. Wau padahal dari syarat tersebut, buku nikah ortu tidak ada, KTP ibu juga tidak ada dan lebih parah lagi tanggal lahir dan tahun lahir para si anak diraport sekolah dan di KTP or KK ada yang beda, waduh kacau-kacau…karena pada waktu bapak mendaftarkan disekolah ngasal aja yang penting hampir sama gitu..jadi sekarang tambah ribet.


Rencana sekarang akan membuat buku nikah dulu untuk ortu, tapi lebih parahnya lagi ortu sudah tidak ingat tanggal dan bulan nikahnya, we..alah…..trus gimana ini… katanya ibu “ya udah ngasal aja yang penting tahunnya benar”.. orang jaman dulu nikah kayak moment yang tidak penting aja…trus biayanya gimana ini untuk buat buku nikah, pasti mahal? akhirnya ada kesepakatan kita patungan, biar agak ringan.


Mayoritas ditempat saya, para orang tua tidak punya buku nikah dan KTP, katanya itu tidak terlalu penting, karena mayoritas juga pendidikan disana belum maju, maksimal setingkat sekolah menengah pertama (SMP), yang sekolah menengah atas (SMA) itu bisa dihitung pake jari. Jadi para anak tidak terlalu membutuhkan data dari orang tua.


Tapi menurut saya itu penting, walaupun hidup didesa, data-data itu harus ada, jika ada masalah dikemudian hari itu bisa menguatkan.

Ada lagi satu pertanyaan, apakah ortu saya nikah siri? Tapi katanya ada penghulu, Cuma tidak ada buku nikah, hanya surat keterangan nikah saja.

11 komentar:

hilm4n mengatakan...

SETUJU !!!

wa...klo d kota kyk begituan...(ayahab)ini negara HUKUM kata guru PKN..hehe...

aisah mengatakan...

ya negara hukum lo ngga ad bukti yg kuat bisa kalah.., walaupun ada bukti juga bisa kalah sih, kalo di markus gmana? kalah deh....he..

Maya mengatakan...

Kalau buatin BUKU NIKAH, datang ke http://damaniks.blogspot.com ya

aisah mengatakan...

gratis or gimana? lo gratis mau aku..he...

ayel bertuah mengatakan...

jalan2 malam sambil baca postingan sahabat...!

M Heru A mengatakan...

tetangga saya lebih parah . tanggal lahir , bulan lahir plus tahun lahirnya aja dia nggak tau XDD . jadi dia nggak tau umurnya berapa XDD

S.k.d mengatakan...

buku nikah? dari sudut pandang hukum/negara itu penting, kalau dari sudut pandang agama itu mungkin bisa penting dan bisa juga tidak penting tergantung pemiliknya hehehe

aisah mengatakan...

riffy: lo itu mah parah banget...
sukadi: memang dr sudut pandang hukum memang sangat penting....

Annur Shah mengatakan...

wah ini sih aneh hehhehe...
emaNG negara itu bagian dari kekufuran ada surat inilah itulah padahal Aturan itu hanya mempersulit kt.. Yah mau gimna lagi ngikutin aja degh yg pentng kt ikut pada aturan ISLAM YAITU ALLAH....

aku juga bingung mau waktu bikin KTP bayarnya aja 20.000 itu pun harus nunggu sminggu ugh..
apalgi klo ada keluarga yg meninggal pake surat kematian sgla huhuhu pemerintahan anehhhhh

aisah mengatakan...

cahaya: sekrg yang penting baik dimata Alloh dan baik dimata hukum(negara)..he..

Belle mengatakan...

Wah info menarik nih. salam kenal sist mampir yuk ke blog nikah wedding planner

Posting Komentar

Silahkan kalo mo pada komen, tapi yang baik-baik ya.!